--> body { font-display: swap !important; }

Pengertian Agrikultur Dalam Arti Luas di Indonesia

Jurusanpertanian.com - Pengertian agrikultur (agriculture) adalah suatu proses memproduksi makanan dan serat dan hasil-hasil sektor pertanian lainnya yang dibutuhkan manusia, bukan hanya yang dibutuhkan manusia saja tetapi hewan-hewan lokal lainnya.

Dari pendapat lain mengatakan pengertian agrikultur adalah suatu ilmu pertanian yang termasuk ilmu budidaya tanah untuk menanam tanaman dan memelihara hewan yang untuk menghasilkan bahan makanan yang dibutuhkan oleh manusia.

Pengertian Agrikultur Dalam Arti Luas di Indonesia

Agrikultur merupakan cabang ilmu biologi dalam memanfaatkan sumber daya hayati secara maksimal sumber dari kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati ini memang termasuk diantaranya budidaya tanaman atau bercocok tanam dan juga meliputi pembesaran hewan ternak dan pemanfaatan mikroorganisme dan bio enzim untuk pengolahan produk lanjutan.

Negara Indonesia merupakan negara penghasil pertanian yang cukup yaitu sebesar 14% sampai 15% dari total produk domestuk bruto atau (PDB) sehingga sektor agrikultur dari indonesai memang menjadi salah satu kunci dalam kekuatan ekonomi nasional.

Sektor-sektor Agrikultur 

1. Sektor Perkebunan
Sektor dalam perkebunan merupakan salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan konsisten dibanding sektor lainnya, yang dimana area perkebunann dari hasil produksi saja berbanding lurus sama lain sehingga perkebunan di indonesia menjadi faktor yang penting dalam meningkatkan pendapatan negara karena negara indonesia sendiri tempat dimana tanaman perkebunan dihasilkan yaitu seperti:
  • Kelapa sawit
  • Karet
  • Coklat/Kakao
  • Teh
  • dan kelapa
2. Sektor Tanaman Pangan
Sektor agrikultur dibidang tanaman pangan yaitu padi diamana tanaman ini hampir bisa ditemukan di setiap negara yang memang beriklim tropis atau panas dan hujan padi sendiri merupakan sektor tanaman pangan yang paling banyak dihasilkan di indonesia, selain tanaman pangan padi ada juga beberapa sektor tanaman pangan yang dihasilkan diindonesia yaitu berupa: Ubi, Jagung, Buah-buahan, sayuran dan lainny sebagainya.

3. Sektor Kehutanan
Selain dari sektor diatas indonesia juga memiliki sektor yang berasal dari hutan indonesia tetapi harus mengikuti regulasi dari pihak-pihak yang terkait dalam kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, karena apabila kayu tidak dikendalikan maka akan berimbas pada kelestarian alam dan lingkungan beserta hewan yang ada.

4. Sektor Perikanan 
Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim dengan luas perairan yang mencangkup 3,25 juta km2 dan sektor perikanan  juga termasuk dalam salah satu sektor agrikultur yang memegang peranan penting dalam struktur sosial dan ekonomi di indonesia.

Sektor perikanan seperti ikan bukan saja digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan dalam negeri saja tetapi digunakan sebagai komiditi ekspor selain ikan yang digunakan di import hasil pertanian yang dihasilkan yaitu berupa udang laut, rumput laut, lobster dan kepiting dan tentunya masih banyak lagi komuditi yang dihasilkan dari sektor perikanan.

5. Sektor Peternakan
Sektor yang satu ini memang menjadi salah satu usaha skala kecil dilakukan oleh masyarakat, sektor pertanian di indonesia digolongkan menjadi dua menurut ukuran hewan ternaknya yaitu peternakan yang besar seperti sapi, kuda kerbau dan kambing, dan untuk sektor peternakan yang kecil yaitu berupa ungas kecil seperti ayam, bebek, dan telur dari hewan tersebut.

Walaupun agrikultur diindonesia sendiri memiliki banyak sektor sepertinya hal tanaman pangan tetapi masih menjadi fokus perhatian masyarakat dan mengingat di indonesia merupakan negara penghasil padi atau besar yang terbesar namun saat ini di indonesia masih saja mengandalkan beras impor untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat indonesia.

Jenis Produk Agrikultur di Indonesia

Agrikutur juga di sebut kegiatan pertananian yang merupakan banyak dilakukan oleh manusia untuk memperoleh bahan pangan yang dimanfaatkan sumber daya alam dihayati, untuk memenihi kebutuhan hidup dan dibawah ini beberapa produk agrikultur sebagai berikut:

1. Tanaman Pangan
Berupa produk: Jagung, padi, singkong, kentang, ubi jalar, sayuran-sayuran, buah-buahan, dan semua produk tanaman.
2. Perkebunan
Berupa produk: Coklat, teh, kopi, karet, kelapa, sawit, tebu, dan produk hasil semua perkebunan
3. Kehutanan
Berupa produk: Kayu, gondorukem, gaharu, rotan, dan semua produk hasil olahan pertanian.
4. Peternakan
Berupa produk: Susu, daging, telur, bulu hewan tenak, telut dan semua hasil produk hasil olahan perkebunan
5. Perikanan
Berupa produk: Udang, ikan, kerang, rumput laut, lobster, kepiting dan produk hasil olahan

Demikianlah Pengertian Agrikultur Dalam Arti Luas di Indonesia semoga artikel diatas bisa bermfaat sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel