--> body { font-display: swap !important; }

ANEKA Tipe BUMBU MASAK REMPAH

ANEKA Tipe BUMBU MASAK REMPAH

Angkak

Tidak banyak masakan Indonesia yang mengenakan bumbu ini. Angkak banyak digunakan buat masakan Tiongkok. Bumbu ini berasal dari beras ketan yang difermentasikan setelah itu dikeringkan. Bercorak kemerahan serta sedikit kumal, karenanya bisa digunakan buat berikan corak merah natural pada masakan. Haluskan angkak bersama bumbu yang lain.

Bumbu ngohiong

Bumbu ngohiong diucap pula dengan nama five spice powder. sebab bumbu ini ialah kombinasi bumbu yang dihaluskan. Antara lain merupakan pekak, merica szechuan, kayu manis, adas serta cengkih. Bubuk ini bercorak kecokelatan serta dijual siap gunakan. Sangat sesuai buat bumbu rendaman ayam, bebek ataupun daging yang hendak dipanggang.

Pekak

Wujud pekak sangat menawan menyamai bintang. Pekak diketahui dengan sebutan bunga lawang ataupun star anise. Beraroma harum menyamai adas. Tumbuhan yang menciptakan bunga pekak ini banyak ditemukan di daratan Tiongkok. Besar tumbuhan menggapai 8 m serta baru berbuah pada umur 6 tahun. Hendaknya pekak ditaruh di tempat yang tertutup rapat. Pekak bisa membagikan aroma harum yang khas. Pekak banyak digunakan buat masakan Tiongkok serta Vietnam. Metode penggunaannya bisa dihaluskan ataupun dibiarkan utuh serta dimasukkan dalam masakan.

Adas Manis

Adas berasal dari dataran mediterania, ialah biji tumbuhan fennel( fennel seed). Berupa sangat kecil serta pipih, bercorak kecokelatan. Aromanya sangat harum serta sedikit pedas. Orang Indonesia banyak menggunakan adas bagaikan bumbu dapur serta obat tradisional. Sangat sesuai buat membagikan aroma harum serta fresh pada masakan semacam sup, gulai ataupun kari. Buat memperoleh aroma yang harum, sangrai biji adas setelah itu haluskan bersama bumbu yang lain.

Angkak

Tidak banyak masakan Indonesia yang mengenakan bumbu ini. Angkak banyak digunakan buat masakan Tiongkok. Bumbu ini berasal dari beras ketan yang difermentasikan setelah itu dikeringkan. Bercorak kemerahan serta sedikit kumal, karenanya bisa digunakan buat berikan corak merah natural pada masakan. Haluskan angkak bersama bumbu yang lain.

Keluak

Keluak memiliki tekstur kulit yang keras, bercorak abu- abu. Daging buahnya bercorak cokelat tua kehitaman serta bertekstur lunak. Daging buah seperti itu yang dipakai bagaikan bumbu.

Memilih keluak yang telah tua, sebab keluak muda memiliki rasa sangat getir. Keluak yang telah tua hendak menghasilkan bunyi bila digoyang- goyangkan. Bila masih ragu cicipilah keluak buat membenarkan keluak tersebut tidak getir. Keluak yang masih muda diucap picung. Rasanya gurih semacam kemiri serta biasa digunakan buat pepes. Keluak tua pada biasanya digunakan buat hidangan yang memerlukan corak gelap semacam rawon ataupun brongkos, rasanya jadi legit serta gurih. Bila hendak digunakan pecahkan kulit keluak, setelah itu ambil bagian isinya yang lunak serta haluskan bersama bumbu yang lain.

Kelapa

Buah kelapa kerap digunakan dalam masakan Indonesia, baik daging buahnya maupun terbuat terlebih dahulu jadi santan. Santan digunakan bagaikan kuah dalam masakan Indonesia ataupun bermacam berbagai kue- kue tradisional. Daging buah yang dijadikan kelapa parut biasa digunakan buat bumbu semacam sambal urapan ataupun campuranpada kue. Tidak hanya kelapa parut serta santan, olahan kelapa yang lain merupakan areh serta poyah. Areh ialah santan yang direbus sampai mengental serta membentuk gumpalan pada bagian atasnya, dipakai buat saus kue ataupun lauk. Poyah merupakan kelapa parut kering yang telah ditumbuk halus.

Kelapa bisa membagikan rasa gurih pada santapan. Kelapa separuh tua lebih sesuai apabila digunakan buat kelapa parut pada taburan kue ataupun urapan. Membuat santan lebih pas bila memakai kelapa yang tua. Supaya menciptakan santan yang pekat serta kental pakai air hangat buat memerasnya serta bila menginginkan santan tidak rusak, pakai api kecil dikala memasaknya.

Jintan

Jintan( Trachyspermum roxburghianum syn. Carum roxburghianum) ialah tanaman menjalar yang bijinya bisa digunakan buat bumbu serta obat- obatan. Biji tumbuhan ini kerap digunakan bagaikan bumbu dapur buat masakan India. Tumbuhan ini banyak dibudidayakan di India serta Asia Tenggara.

Aromanya sangat harum, agak manis serta jadi kombinasi bumbu hidangan tradisional di bermacam wilayah Nusantara. Masakan yang kerap memakai jintan merupakan opor, gulai ataupun kari. Penggunaannya hendaknya disangrai ataupun dihaluskan bersama bumbu lain dikala hendak diolah. Jintan pula ada dalam wujud bubuk, yang

dikemas dengan botol.

Wijen

Wijen( Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) merupakan semak semusim yang tercantum dalam famili Pedaliaceae. Tumbuhan ini dibudidayakan bagaikan sumber minyak nabati, yang diketahui bagaikan minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik ialah wilayah asalnya, setelah itu tersebar ke timur sampai ke India serta Cina. Di Indonesia, tumbuhan wijen tidak sangat luas ditanam. Di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta, ada zona penanaman wijen yang tidak sangat luas.

Wijen telah semenjak lama ditanam manusia buat dimanfaatkan bijinya, apalagi tercantum tumbuhan minyak yang sangat tua diketahui peradaban. Khasiat utama merupakan bagaikan sumber minyak wijen. Bijinya yang bercorak putih digunakan bagaikan penghias pada santapan, misalnya onde- onde, dengan menaburkan di permukaannya. Biji wijen bisa terbuat pasta.

Kapulaga

Kapulaga( Amomum cardamomum) sepanjang ini diketahui bagaikan rempah buat masakan serta pula lebih banyak digunakan buat kombinasi jamu. Di sebagian wilayah kapulaga diketahui dengan nama kapol, palago, karkolaka, serta lain- lain.

Nama asing kapulaga merupakan pai thou kou( bahasa Tionghoa). Orang Yunani menyebut buah itu cardamomom yang setelah itu dilatinkan oleh orang Romawi jadi cardamomum. Dalam bahasa Inggris diucap cardamom. Dalam bahasa Thai diucap krava, elaichi dalam bahasa Hindi, serta elakkaai dalam bahasa Tamil.

Tanaman kapulaga terkategori dalam herba serta membentuk rumpun, sosoknya semacam tanaman jahe, serta bisa menggapai ketinggian 2- 3 m serta berkembang di hutan- hutan yang masih rimbun. Kapulaga hidup produktif di ketinggian 200- 1. 000 m di atas permukaan laut. Buah yang telah kering jadi keriput, bergaris- garis, berisi 4- 7 butir biji kecil cokelat kemerah- merahan. Rasanya agak pedas semacam jahe, namun baunya tidak. Kapulaga mempunyai aroma nikmat sehingga orang Inggris menyanjungnya bagaikan grains of paradise. Oleh sebab itu, dimanfaatkan buat menaikkan aroma pada masakan, kue serta minuman. Terdapat 2 tipe kapulaga, ialah kapulaga putih yang banyak digunakan buat masakan serta kapulaga hijau buat kue serta minuman.

Dikala hendak digunakan kapulaga dimemarkan ataupun dihaluskan serta disangrai sampai harum supaya aroma khas bisa terbentuk. Kapulaga hendaknya ditaruh dalan stoples yang tertutup rapat.

Kemiri

Kemiri( Aleurites moluccana), merupakan tanaman yang bijinya dimanfaatkan bagaikan sumber minyak serta bumbu. Tanaman ini masih sekerabat dengan singkong serta tercantum dalam suku Euphorbiaceae.

Dalam perdagangan antarnegara diketahui bagaikan candleberry, indian walnut, dan candlenut. Kemiri merupakan tanaman formal negeri bagian Hawaii. Khasiat kemiri antara lain:

• Kemiri kerap digunakan dalam masakan Indonesia serta masakan Malaysia serta berperan bagaikan bumbu peningkat rasa gurih. Di Pulau Jawa, kemiri pula dijadikan bagaikan saus kental yang dimakan dengan sayur- mayur serta nasi. Ketumbar

• Kemiri pula terbakar serta dicampur dengan pasta serta garam buat membuat bumbu masak khas Hawaii yang diucap inamona. Inamona merupakan bumbu masak utama buat membuatpoke tradisional Hawai.

Ketumbar( Coriandrum sativum),

konon berasal dari Eropa selatan. Wujud berbentuk biji kecil- kecil sebesar 1- 2 mm. Mirip dengan biji lada namun lebih kecil serta lebih hitam. Tidak hanya itu, terasa tidak berisi serta lebih ringan dari lada. Bermacam tipe masakan tradisional Indonesia sering memakai bumbu ini. Dengan bonus bumbu tersebut, aroma masakan hendak lebih nyata. Seleksi biji ketumbar yang utuh serta berbutir besar. Hendaknya disangrai terlebih dulu saat sebelum digunakan serta simpan dalam toples yang tertutup rapat. Haluskan ketumbar bersama bumbu yang lain saat sebelum digunakan.

Pala

Pala( Myristica fragrans) ialah tanaman berbentuk tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Tumbuhnya bisa menggapai 20m serta umurnya dapat menggapai ratusan tahun. Tanaman ini berumah 2( dioecious) sehingga diketahui tumbuhan jantan serta tumbuhan betina. Daunnya berupa elips ramping. Buahnya

berupa lonjong semacam lemon, bercorak kuning, berdaging serta beraroma khas sebab memiliki minyak atsiri pada daging buahnya.

Daging buahnya diolah jadi manisan. Aromanya sangat harum, tajam, bernuansa hangat serta manis. Memilih biji pala yang kering, baru serta beraroma fresh.

Biji pala menaikkan cita rasa pada bumbu perendam daging, ikan ataupun ayam dan menjadikan kaldu ataupun sup terus menjadi nikmat. Bubuk pala dipakai bagaikan penyedap buat roti ataupun kue, puding, saus, sayur- mayur, serta minuman penyegar( semacam eggnog).

Serai,

sejenis tanaman rumput- rumputan yang daunnya panjang semacam ilalang, dipakai bagaikan bumbu dapur buat mengharumkan santapan. Minyak serai ialah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalur menyuling tumbuhan tersebut.

Salah satu guna lain dari serai merupakan baunya bisa digunakan buat mengusir nyamuk, baik berbentuk tumbuhan maupun berbentuk minyaknya. Saat sebelum digunakan, serai bisa dipotong 10- 15 centimeter dari ujung akarnya, bilas setelah itu memarkan. Bagian ujung inilah yang membagikan aroma khas. Masukkan bersama bumbu lain serta angkat serai dikala hidangan hendak disajikan. Buat membuat minuman, serai bisa direbus dengan air ataupun di campur dengan air teh ataupun air jeruk nipis. Minuman ini diketahui dengan teh serai.

Temu kunci

Temu kunci( Boesenbergia rotunda( L.) Ma nsf. syn. Curcuma rotunda L., B. pandurata( Roxb.) Schlechter, Kaempferia pandurata Roxb.) merupakan sejenis bumbu yang dipakai bagaikan bumbu dalam masakan Asia Tenggara. Salah satu keluarga jahe ini ialah rempah asli Jawa serta Sumatra. Temu kunci ataupun chinese key ini berupa sekelompok umbi pangkal yang mirip jari telunjuk, memanjang, ramping serta lurus. Kulit luarnya bercorak cokelat muda serta sangat tipis. Bagian dalamnya bercorak kuning muda dengan aroma fresh yang khas. Dapat digunakan dalam membuat sayur bening, hidangan ikan, selada serta urapan. Memilih umbi pangkal yang tua, kupas kemudian memarkan supaya aromanya keluar ataupun iris halus kemudian tumis dengan bumbu lain.

Kunyit

Masakan tradisional Indonesia tidak terlepas dari bumbu ini. bumbu yang masih terkategori dalam keluarga bumbu ini memiliki identitas semacam jari tangan, kulitnya bergaris- garis dengan corak cokelat kekuningan serta tipis. Aroma kunyit sangat khas serta sedikit getir. Kunyit memiliki corak kuning serta bila telah berusia tua nyaris mendekati orange, sehingga bisa dimanfaatkan bagaikan perona natural.

Biasa dipakai buat memberi warna nasi kuning, bumbu opor, kari serta gulai. buat mendapatkan corak yang tajam, memilih kunyit yang tua, berumbi besar serta lembut. kunyit bisa ditaruh di tempat yang sejuk serta dingin. Umumnya saat sebelum kunyit digunakan serta dihaluskan dengan bumbu yang lain, kunyit terbakar terlebih dulu.

Jahe

Jahe( Zingiber officinale), merupakan tumbuhan rimpang yang sangat terkenal bagaikan bumbu serta bahan obat. Berupa jemari yang menggembung di ruas- ruas tengah. Rasa dominan pedas diakibatkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe tercantum suku Zingiberaceae( temu- temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Tetapi terdapat pula yang mempercayai jahe berasal dari Cina Selatan. Ada 2 tipe jahe ialah jahe putih serta jahe merah. Jahe putih digunakan bagaikan bumbu serta jahe merah digunakan buat obat. Aroma jahe sangat tajam fresh serta rasanya pedas ataupun panas.

Jahe putih muda berkulit tipis serta berujung kemerahan, tangkai kehijauan dengan isi air lumayan banyak. Terdapat pula jahe dalam wujud manisan berupa potongan dadu kecil serta bersalut gula. Acar jahe dibuat dari jahe utuh ataupun irisan tipis yang dibumbui dengan sedikit garam serta gula.

Jahe tua yang fresh biasaanya dipakai buat hidangan tumis, hidangan berkuah paling utama seafood serta minuman, sebab beraroma tajam, serta melenyapkan bau anyir. Jahe bubuk bisa digunakan buat menaikkan aroma pada kue- kue serta biskuit, sirup, dan kombinasi bubuk rempah. Manisan jahe dipakai buat kombinasi cake serta taburan es krim sebab rasanya lebih manis.

Acar jahe dipakai buat aksesoris hidangan bakar ataupun pang- gang.

Kencur

Kencur( nama bahasa Jawa serta bahasa Indonesia) diketahui di bermacam tempat dengan nama yang berbeda- beda: cikur( bahasa Sunda), ceuko( bahasa Aceh), kencor( Madura), cekuh( bahasa Bali), kencur, sukung( bahasa Melayu Manado), asauli, sauleh, soul, umpa( bahasa- bahasa di Maluku), dan cekir( Sumba). Bermacam formula masakan tradisional Indonesia serta jamu memakai kencur bagaikan komponennya. Kencur dipakai orang bagaikan tonikum dengan manfaat menaikkan nafsu makan sehingga kerap diberikan kepada kanak- kanak. Jamu beras kencur sangat terkenal bagaikan minuman penyegar pula.

Lengkuas/ laos

Lengkuas ataupun laos( Alpinia galanga) merupakan rempah rempah terkenal dalam tradisi boga serta penyembuhan tradisional Indonesia ataupun wilayah Asia Tenggara yang lain. Bagian yang dimanfaatkan merupakan rimpangnya yang beraroma khas. Lengkuas bisa membagikan aroma fresh pada hidangan tumis, pindang, serta hidangan berkuah santan. Pemanfaatan lengkuas umumnya dengan mememarkan ataupun memotong tipis setelah itu dimasukkan ke dalam masakan.

Daun kari

Diucap pula daun temurui ataupun daun salam koja. Tekstur daunnya nyaris mirip daun salam namun ukurannya lebih kecil. Daun ini bisa membuat masakan jadi lebih gurih.

Daun kemangi

Daun ini memiliki aroma yang sangat fresh serta khas, sangat gampang diperoleh. Terdapat yang menyebutnya dengan sebutan daun selasih ataupun daun ruku- ruku. Daun kemangi dapat disantap mentah ataupun dimasak terlebih dulu. Khasiat daun kemangi merupakan berikan rasa khas serta aroma yang harum dan tajam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel