--> body { font-display: swap !important; }

JENIS- JENIS BAMBU Serta Khasiatnya

JENIS- JENIS BAMBU Serta Khasiatnya

Bambu merupakan tumbuhan tipe rumput- rumputan dengan rongga serta ruas di batangnya. Bambu mempunyai banyak jenis. Nama lain dari bambu merupakan buluh, aur, serta eru. Jika orang Jawa menyebutnya pring. Di dunia ini bambu ialah salah satu tumbuhan dengan perkembangan sangat kilat. Sebab mempunyai sistem rhizoma- dependen unik, dalam satu hari bambu bisa berkembang sejauh 60 centimeter( 24 Inchi) apalagi lebih, bergantung pada keadaan tanah serta klimatologi tempat dia ditanam.

Bambu diklasifikasikan ke lebih dari 10 genus serta 1450 spesies. Di Indonesia, spesialnya di daerah Kabupaten Kebumen bisa dengan gampang ditemui 5 tipe bambu/ pring ialah bambu/ pring tali, wulung, ampel, petung, kuning, serta pring tulup. Spesies bambu ditemui di bermacam posisi hawa, dari hawa dingin pegunungan sampai wilayah tropis panas. Mereka ada di sejauh Asia Timur dari 50 derajat Lintang Utara di Sakhalin hingga ke sebelah utara Australia, serta di bagian barat India sampai ke Himalaya. Mereka pula terdapati di sub- Sahara Afrika, serta di Amerika dari pertengahan Atlantik Amerika Utara sampai ke selatan ke Argentina serta Cili, menggapai titik sangat selatan Bambu pada 47 derajat Lintang Selatan. Daratan Eropa tidak mempunyai spesies bambu asli.

( Sumber teks: Wikipedia)

Identitas Bambu

Secara universal seluruh tipe bambu mempunyai identitas bagaikan berikut:

Berakar serabut

Tumbuh biak dengan tunas/ rebung/ bung( terdapat pula tipe bambu yang dapat dengan gampang dikembangbiakan dengan metode stek batang ialah bambu ampel)

Mempunyai rongga di batangnya

Mempunyai ruas batang

Daun bambu bertulang daun sejajar

Karakteristik Spesial Bambu serta Fungsinya

Karakteristik Spesial Bambu serta Fungsinya

Seluruh tipe bambu mempunyai karakteristik spesial ialah pada batangnya/ pelepah batangnya ada lugut. Lugut merupakan bulu- bulu halus bercorak gelap yang melekat pada pelepah batang bambu. Pelepah batang bambu oleh orang Jawa diucap kelotokan. Lugut pula melekat pada batang bambu. Guna karakteristik spesial bambu mempunyai lugut merupakan buat melindungi dirinya ataupun mengusir musuhnya. Bila tubuh kita terserang lugut, hingga hendak terasa gatal semacam gatalnya kulit kita kala terserang bulu ulat.

6 Tipe Bambu serta Manfaatnya

Terdapat bermacam tipe bambu, hendak namun di taman ini cuma aku tuliskan 6 tipe bambu sebab aku sesuaikan dengan tipe bambu yang kerap aku amati/ temui spesialnya di Kabupaten Kebumen. Ada pula tentang khasiat bambu, aku tuliskan cocok tipe bambunya. Sesungguhnya khasiat tanaman bambu itu sangat banyak, apalagi dapat dikatakan sama dengan ataupun melebihi khasiat tumbuhan yang sepanjang ini kita tahu serba khasiat dari pangkal hingga daunnya ialah tumbuhan kelapa. Tetapi buat khasiat tanaman bambu yang hendak aku sebutkan di dasar nanti cuma lah sebagian dari begitu banyaknya khasiatnya. Ini sebab pengetahuan aku yang masih sebatas itu, jadi apabila para pembaca berkenan, silakan tambahkan tentang khasiat bambu di kolom pendapat.

1. Bambu/ Pring Tali/ Bambu Apus( Gigantochloa Apus)

Bambu Tali/ Gigantochloa Apus

Bambu tali merupakan tipe bambu yang corak kulitnya hijau tua serta kurang mengkilap. Diucap bambu/ pring tali sebab salah satu khasiat bambu tipe ini merupakan dapat dijadikan bahan pembuat tali/ pengikat( misalnya buat mengikat bungkus tempe, yang mana pada biasanya dahulu tempe dibungkus dengan daun pisang serta jati setelah itu diikat menggunkan tali yang dibuat dari bambu tali yang masih muda).

Bambu tali pada biasanya mempunyai diameter 3- 7 centimeter, besar ataupun kecilnya bergantung kesuburan tanahnya. Buat ketinggian/ panjangnya juga bermacam- macam ialah antara dekat 4- 12 m. Pada biasanya bambu tali bisa berkembang produktif di tepi sungai.

Khasiat Bambu Tali

Batang Bambu:

bagaikan senjata tradisional. Bambu tali bisa terbuat senjata, misalnya terbuat bambu runcing

bahan pembuat tali

tiang bendera

perlengkapan/ tempat menjemur pakaian

bahan bangunan, misalnya terbuat bagaikan rangka atap rumah, perlengkapan bantu/ tangga kala para tukang bangunan membuat rumah ialah bagaikan tempat berpijak kala dalam ketinggian tertentu

bagaikan bahan pembuat jembatan bambu/ powotan

perlengkapan komunikasi tradisional( misalnya terbuat kentong)

bahan pembuat perlengkapan dapur( misalnya terbuat tampah, ceting, besek/ piti, kipas nasi/ ilir, centong, serta sebagainya)

bahan pembuat kandang ternak

perlengkapan pemikul/ mbatan

bagaikan kayu bakar

membuat pagar jalur/ pekarangan

bagaikan tempat merambatnya tumbuhan( misalnya bagaikan tempat rambatan kacang panjang, mentimun, kecipir, serta lain- lain)

serta khasiat lainnya

Khasiat/ Manfaat Air Bambu Tali:

Air bambu merupakan air yang tercantum dalam batang bambu. Air ini dapat didapatkan dengan metode memotong pucuk tanaman bambu yang masih muda ataupun tua( memilih tanaman bambu yang pucuknya gampang dijangkau ataupun yang melengkung), setelah itu di sisa potongan tersebut bungkuslah dengan plastik( aktivitas ini hendaknya dicoba pada sore hari), misalkan pada sore hari kita memotong serta membungkus pucuk bambu, hingga keesokan harinya ambil lah air bambu yang telah penuhi kantong plastik. Ya benar, dari pucuk bambu yang kita potong tersebut bisa menghasilkan/ mengalir air bambu yang sangat efektif mengobati seluruh tipe penyakit batuk. Metode penyembuhannya cuma dengan meminumnya 3 kali sehar, 1 kali minum 1 gelas.

2. Bambu/ Pring Wulung( Gigantochloa Atroviolacea)

Bambu Wulung/ Gigantochloa Atroviolacea

Bambu wulung merupakan bambu yang corak kulitnya wulung/ gelap/ hijau kehitaman/ ungu tua serta terdapat garis bercorak kuning di sejauh batang ataupun rantingnya. Diameter bambu wulung kebanyakan antara 5- 12 centimeter dengan panjang/ besar antara 7- 18 m.

Khasiat Tunas/ Rebung/ Bung Bambu Wulung:

Tunas bambu wulung yang masih muda ataupun baru timbul dengan ketinggian dekat optimal 20 centimeter dari permukaan tanah, bisa dimanfaatkan bagaikan sayur. Rebung bisa dimasak dengan metode dibikin tongseng/ tumis/ oseng- oseng ataupun dimasak dengan dicampur air santan kelapa. Oh ya buat rebung bambu tali rasanya sangat getir sehingga tidak sering terdapat yang ingin memakainya bagaikan sayur.

Khasiat Batang Bambu Wulung antara lain:

membuat bambu runcing

bagaikan bahan bangunan misalnya buat membuat rangka atap

tiang bendera

kerajinan semacam hiasan bilik yang berbentuk potongan bambu yang diukir jadi foto panorama alam alam, hewan, serta sebagainya

pagar

tiang antena televisi

membuat sofa serta meja bambu

perlengkapan kesenian semacam kentongan serta angklung/ calung

anyaman

serta lain- lain

3. Bambu/ Pring Ampel

Bambu Ampel

Bambu ampel merupakan bambu yang kulit batangnya bercorak hijau serta mengkilap. Diameter bambu ini berkisar antara 8- 15 centimeter. Sebaliknya panjang/ tingginya dekat 10- 19 m.

Khasiat Bambu Ampel

rebungnya bagaikan sayur

meski batangnya gampang rapuh/ brubukan/ kurang awet hendak namun bambu ampel pula dapat dimanfaatkan bagaikan bahan bangunan

pagar/ jaro

serta lain- lain

4. Bambu/ Pring Petung( dendrocalamus asper)

Bambu Petung/ Betung( dendrocalamus asper)

Bambu petung/ betung ataupun dendrocalamus asper merupakan salah satu tipe bambu yang mempunyai dimensi lingkar batang yang lumayan besar serta tercantum ke dalam suku rumput- rumputan. Bambu betung mempunyai nama lokal yang berbeda di tiap daerah di Indonesia semacam istilah awi bitung( Sunda), pring petung( Jawa), awo petung( Bugis), serta bambu swanggi( Papua).

Tanaman bambu betung yang masih muda ditutupi oleh susunan bercorak coklat serta bertekstur semacam kain beludru. Besar bambu betung bisa menggapai 10 kaki sebaliknya lingkar batangnya bisa menggapai 8 inchi. Bambu betung mempunyai batang berkayu serta bernding tepal ialah antara 11 hingga 20 milimeter. Bagian batang bambu betung bagian dasar ada node serta ada pangkal hawa. Batang bambu betung terdiri dari ruas- ruas, panjang tiap ruas bambu antara 20 sampai 45 centimeter dan bercorak hijau pucat serta tertutup rambut coklat pendek. Daun tanaman ini berupa tombak dengan panjang dekat 15 centimeter sampai 30 centimeter serta lebarnya antara 10 milimeter sampai 25 milimeter.

( Sumber: Wikipedia)

Khasiat Bambu Petung antara lain:

rebungnya bagaikan sayur

bagaikan tiang penyangga rumah

penyangga rangka atap

tempat sajeng/ perlengkapan nderes

perlengkapan kesenian

serta lain- lain

5. Bambu/ Pring Kuning

Bambu Kuning via Apotekgriyafarma

Bambu kuningadalah salah satu tumbuhan dari kelompok bambu. Bambu tipe ini mempunyai karakteristik batang yang beruas- ruas, besar, serta batangnya bercorak kuning. Umumnya, bambu tipe ini hidup di area tropis. Di kawasan Asia Tenggara, bambu tipe ini banyak dibudidayakan. Dia kerap ditemukan di desa- desa, di pinggir- pinggir sungai, serta bagaikan tumbuhan hiasan di perkotaan.

Bambu kuning bisa diperbanyak dengan metode rhizoma, stek rumpun ataupun cabang, cangkok, serta kultur jaringan. Tetapi, metode termudah serta kerap dicoba merupakan stek rumpun ataupun cabang. Biasanya, rumpun yang hendak di stek merupakan rumpun yang tidak sangat muda ataupun tidak sangat tua. Rebusan pada bambu ini memiliki saponin serta iavonoida. Tidak cuma itu, bambu kuning ini memiliki sumber potassium yang rendah kalori, dan mempunyai rasa manis yang populer bagaikan sumber protein serta nutrisi yang baik untuk badan. Bambu ini mempunyai manfaat menyembuhkan berbagai tipe peradangan serta pencegah hepatitis.( Sumber: Wikipedia)

6. Bambu/ Pring Tulup

Pring Tulup via Daetarawangsa

Bambu tulup merupakan bambu yang sangat mirip rupanya dengan bambu tali, perbedaannya terletak pada diameternya yang jauh lebih kecil serta tingginya yang pada umunya optimal 5 m. Jarak antara ruas yang satu denga yang lain lumayan panjang.

Khasiat Bambu Tulup

membuat tulup. Tulup merupakan perlengkapan game tradisional, bambu tulup terbuat tulup dengan metode memotong ruasnya. Metode memainkan tulup ialah dengan meniup lubang bambu dengan kencang sehingga peluru yang umumnya berbentuk butiran tanah liat/ kacang hijau dapat keluar sebab tekanan hawa dari tiupan tersebut.

membuat suling bambu

membuat peluit/ sempritan yang dimasukkan pada balon ataupun yang kerap diucap dengan toet- toet

kerajinan

serta lain- lain

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel