--> body { font-display: swap !important; }

Metode Membuat Nutrisi Hidroponik Natural Simpel


Nutrisi Hidroponik Natural– Hidroponik ialah media tanam yang memakai air tanpa media tanah. Metode bercocok tanam dengan sistem hidroponik sangat sesuai buat area perkotaan yang tidak butuh memerlukan lahan luas.

Banyak sayur- mayur serta buah- buahan yang dapat ditanam memakai sistem hidroponik, misalnya saja tomat, cabai, selada, serta yang lain. Sepenuhnya dapat baca: tumbuhan sayur hidroponik ataupun tumbuhan hidroponik pendatang baru.

Faktor hara yang diperlukan oleh tumbuhan hidroponik merupakan faktor hara makro, semacam Nitrogen, Kalium, Kalsium, Fosfor, Magnesium, serta Sulfur. Sebaliknya faktor hara mikro meliputi Besi, Boron, Mangan, Seng, Natrium, Molibdenum, Sillicone, Khlor, serta Nikel.

Menanam dengan tata cara hidroponik, kita umumnya memakai nutrisi A B mix ataupun pupuk yang umumnya telah satu paket dalam penjualan.

Nah sesungguhnya kita pula dapat membuat nutrisi hidroponik natural sendiri dirumah loh. Tidak hanya memakai bahan serta perlengkapan yang terdapat disekitar kita, kita pula turut menolong membuat nutrisi hidroponik natural yang membuat tumbuhan terus menjadi“ segar” serta leluasa dari bahan kimia.

membuat nutrisi hidroponik alami

Berikut langkah- langkah membuat nutrisi hidroponik simpel secara natural:

Membuat Nutrisi Hidroponik Alami

Bahan yang Dibutuhkan

30 Kilogram jerami ataupun dedaunan

Satu karung kotoran ayam maupun kotoran kambing

1/ 2 karung dedak ataupun bekatul

100 Gr gula merah

50 Ml bioaktivator EM1, EM4 ataupun GP- 1

Air sumur bersih

Bahan- bahan diatas tidak seluruhnya wajib sebanyak dimensi tersebut, melainkan banyaknya dapat disesuaikan dengan skala tiap- tiap.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Ember yang terdapat tutupnya

Selang aerator transparan dengan diameter 0, 5cm

Botol plastik berkapasitas satu liter

Langkah- Langkah

Langkah- langkah buat membuat nutrisi hidroponik natural sendiri

membuat nutrisi hidroponik alami

Gambar: bibitbunga. com

Lubangi tutup ember buat ruang selang aerator.

Potong jerami secara kecil- kecil serta halus serta gabungkan dengan kotoran ayam dan dedak yang sudah disiapkan.

Kombinasi bahan tersebut taruhlah pada ember yang kedap hawa serta tambahkan air dengan komposisi 2: 1.

Aduklah kombinasi tersebut dengan lama- lama hingga seluruh bahan larut serta menyatu dengan rata.

Pada ember lain larutkan kuman starter ataupun bioaktivator serta gula merah pada volume air 5 liter serta aduklah sampai larut dan menyeluruh.

Siramkan kombinasi larutan tersebut pada kombinasi bahan organik dalam ember serta tutup ember tersebut hingga rapat.

Masukkan selang aerator pada tutup ember yang telah dilubangi serta yakinkan selang aerator tidak bocor pada tutup ember tersebut. Supaya tidak bocor dapat pakai lem kaca, ataupun lem besi buat menutup sela- sela pada selang aerator.

Tambahkan air pada botol plastik dengan volume 3/ 4 serta masukkan selang aerator pada sisi botol plastik.

Sesi ini berlangsung sepanjang 2- 4 minggu. Apabila larutan telah tercium aroma hasil fermentasi bisa dikatakan proses tersebut sudah sukses.

Saring larutan fermentasi tersebut memakai saringan kain. Hasilnya larutan tersebut digunakan bagaikan nutrisi tumbuhan hidroponik serta ampasnya dapat dimanfaatkan buat membuat pupuk padat.

Seperti itu langkah- langkah buat membuat nutrisi hidroponik natural simpel, tidak hanya dapat mengirit pengeluaran perihal itu pasti lebih nyaman serta ramah area dan hendak menolong perkembangan serta pertumbuhan tumbuhan hidroponik dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel