--> body { font-display: swap !important; }

TIPS BUDIDAYA JAMBU APEL


JAMBU APEL

Family Myrtaceae

Deskripsi

Jambu apel yang buahnya mirip apel sangat gampang dibedakan dari tipe jambu air yang lain. Buahnya senantiasa mempunyai sisa kelopak bercorak merah yang sangat kontras dengan corak buah yang putih violet. Apabila dicermati, sesungguhnya jambu ini hadapi 3 kali pergantian corak, ialah hijau dikala muda, putih apabila tua, clan putih violet apabila matang. Daging buahnya bertekstur keras serta rasanya manis. Dimensi buahnya tercantum lagi. Tiap kg- nya berisi 15 buah. Buahnya terdapat yang berbiji serta terdapat yang tidak.

Manfaat

Dengan rasanya yang rata- rata manis fresh serta memiliki banyak air, kesimpulannya jambu air jadi salah satu buah yang sangat digemari warga. Banyak orang menggunakan buah jambu air bagaikan buah pelepas dahaga.

Ketentuan Tumbuh

Jambu air serta jambu semarang sanggup berkembang di nyaris seluruh daerah Indonesia. Apalagi, keduanya sanggup membiasakan diri dengan seluruh tipe tanah asalkan tanahnya produktif, gembur, serta banyak air. Kedalaman air tanah yang masih dapat ditolerir cuma hingga 200 centimeter. Tumbuhan ini menggemari curah hujan rendah dengan masa hujan tidak lebih dari 8 bulan. Buat jambu air, ketinggian tempat yang dikehendaki supaya dapat berkembang baik yakni dataran rendah serta dataran besar hingga 1. 000 meter di atas permukaan laut, sebaliknya jambu semarang cuma hingga 500 meter di atas permukaan laut.

Pedoman Budidaya

Perbanyakan dengan benih universal dicoba. Biji kadang- kadang abortif, serta sebagian kultivar jambu cenderung tidak berbiji. Perbanyakan dengan klon lewat pencangkokan, penyetekan, ataupun penempelan tidak sukar dicoba. Pencangkokan pada biasanya dilaksanakan di Asia Tenggara. Tata cara Forkert termodifikasi diajarkan buat penempelan. Semai Syzygium yang sama ataupun berlainan jenisnya bisa digunakan bagaikan batang dasar. Di Jawa, jambu‘ klampok’ ataupun‘ kopo’( S. pycnanthum Merr.& Perry, syn. Eugenia densiflora( Blume) Duthie) diajarkan bagaikan batang dasar sebab nakal serta tidak diserbu oleh rayap. Jarak tanamnya berkisar antara 8- 10 meter.

Pemeliharaan

Tumbuhan jambu ini cuma mendapatkan sedikit atensi sehabis tahun pertarna ataupun kedua, yang pada dikala itu pemupukan, penyiangan, pemberian mulsa, serta pengairan bisa tingkatkan volume tumbuhan dengan kilat. Tumbuhan yang lagi berbuah tampaknya sangat responsif terhadap pupuk majemuk yang diberikan seusai panen serta ditambah dengan sesuatu pupuk daun lekas sehabis pembungaan tercipta.

Hama serta Penyakit

Tidak terdapat saran yang spesial buat perlindungan tumbuhan, namun terbentuknya hama serta penyakit pasti saja membutuhkan sesuatu riset, menimpa organisme pemicu serta pemberantasannya.

Panen serta Pasca Panen

Buah jambu- jambu ini berkulit tipis serta Iembut; buah itu wajib dipetik dengan tangan 2 kali seminggu, serta sebaiknya ditangani dengan hatihati. Buah hendaknya lekas disantap ataupun diawetkan sepanjang sebagian hari seusai panen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel