--> body { font-display: swap !important; }

Klasifikasi Tanaman Kapas Beserta Manfaatnya dalam mengobati Penyakit

Jurusanpertanian.com - Kapas sendiri dari bahasa sanskerta yaitu berupa karpasa yang dimana tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki serat yang halus yang menyelubungi biji beberapa gossypium. Kapas bernaman latin (Gossypium herbaceum L.) yang dimana tanaman ini banyak dimanfaat orang sebagai bahan tekstil saja dan tidak banyak orang yang tau ternyata tanaman kapas bisa dijadikan bahan kesehatan, untuk asal muasal dari tanaman ini memang tidak terlalu jelas berasal dari mana tetapi itu tanaman kapas diklasifikasi sebagai berikut:

Klasifikasi Tanaman Kapas Beserta Manfaatnya dalam mengobati Penyakit

Klasifikasi Tanaman Kapas (Gossypium herbaceum L.) 

1. Akar Tanaman Kapas
Tanaman kapas merupakan tanaman yang awal dari biji kapa dan biji tumbuh dari biji sampai ada pertumbuhan kehidupan itu memakan waktu 2-3 hari dari masa tanaman biji, tanaman kapas sendiri memiliki akar tungang yang mencapai 15 cm dan pada masa pertumbuhan bisa mencapai 20-25 cm.
2. Batang Tanaman Kapas
Batang kapas memiliki bentuk yang tegak lurus dan tumbuh dengan 3 macam ruas yang akan tumbuh menjadi cabang vegetatif dan generatif genap.

3. Daun Tanaman Kapas
Daun kapas di atas keeping daun yang pertama samapi kelima bentuknya sempurna kadang agak bulat atau pendana sedang keatas helai daun ke 5 sedikit berbeda semakin ketas semakin sempurna umumnya berbulu halus dan ada pula tidak berbulu halus.

4. Bunga Tanaman Kapas
Tanaman kapas akan berbunga setelah berumur  34-45 hari dari titik bunga dan akan mekar pada waktu 25 hari dari masa berbungga.

5. Buah Tanaman Kapas
Setelah persarian maka berbentuklah buah dari bunga maka akan sampai titik yang masak dan kemudian akan berlangsung kurang lebih 40-70 hari dari masak yang akan retak buah dan kemudian akan membuka berikut ini penjelasan lengkap dari buah kapas:
  • Biji kapas akan menghasilkan 2-3 dari hasil beratnya dan sedangkan serabut akan menghasilkan 1/3nya 
  • Serabut kapas digunakan sebagai bahan dasar tekstil dan sedangkan kapas sedang yang kasar dapat dibuat bermacam-macam yaitu seperti kasur, kertas, dan jika yang berserat tinggi maka akan digunakan sebagi bantalan pada kapal dll
  • Kulit buah kapas bisa dijadikan abu yang digunakan sebagai pupuk yang banyak mengandung kalium tetapi hal yang awal yaitu dilakukan untuk menghasilkan pupuk yang bagus maka kulit harus dibakar dahulu.
Penjelasan diatas berupa klasifikasi dan pengenalan tanaman kapas mulai dari biji, batang, daun, bunga, dan buah kemudian untuk penjelasan tentang manfaat tanaman kapas bagi untuk mengobati penyakit yaitu:

Manfaat Tanaman Kapas Dalam Mengobati Beberapa Penyakit

1. Mengobati Luka Memar
Untuk mengobati gejala ini cukup mudah yaitu dengan cara mengiling biji kapas sampai benar-benar halus dan kemudian jika sudah halus maka oleskan bubut biji kapas tersbut ke luka yang memar tersebut.

2. Mengobati Panu
Untuk mengobati penyakit panu anda bisa melakukannya sama dengan mengiling biji dan kemudian oleskan dengan teratur dan kuat sampai panu tersebut benar-benar hilang dari kulit anda.
3. Mengobati Herpes
Untuk mengobati penyakit ini anda bisa coba hal nya sama dengan perintah 1-2 yaitu dengan mengiling biji sampai halus dan kemudian oleskan pada penyakit anda.

4. Mengobati Radang Buah Zakar
Sama halnya dengan pengobatan yaitu dengan cara mengiling biji sampai halus dan kemudian oleskan kepada penyakit anda yang akan disembuhkan.

5. Mengobati Luka Bakar
Sama halnya dengan melakukan perintah sebelumnya yaitu dengan mengiling biji dan kemudian oleskan bubuk kepada penyakit yang anda akan sembuhkan.

Selain manfaat bisa mengobati beberapa penyakit tanaman kapas juga penting dalam kehidupan sehari dan manfaat sehari-hari yaitu sebagai bahan pembuatan benang dan bahan utama pembuatan kain dan bahan tekstil kemudian kapas yang berkualitas baik maka akan digunakan sebagai pembuatan Pembersih, Coton Bud, Perban, dan plester luka dan spons bedak.

Demikianlah artikel tentang Klasifikasi Tanaman Kapas Beserta Manfaatnya dalam Mengobati Penyakit semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda sekian dan terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel