--> body { font-display: swap !important; }

Panduan MEMBUDIDAYAKAN Tumbuhan GUMITIR

Panduan MEMBUDIDAYAKAN Tumbuhan GUMITIR

PEMASARAN Tumbuhan GUMITIR

  1. Sebab tumbuhan gumitir ialah tumbuhan yang menggemari air yang banyak. Tumbuhan gumitir hendak berkembang baik dikala ada air yang berlimpah( masa hujan). Buat mendapatkan harga bunga gumitir yang baik tanam lah bunga gumitir dikala masa kemarau. Namun yakinkan di wilayah kamu mempunyai aliran irigasi teknis sehingga air senantiasa tercukupi. Disanalah keunggulan kita dibanding wilayah lain( tegalan) yang menanam bergantung dari masa hujan.

  2. Sebab bunga gumitir sangat besar dimanfaatkan bagaikan bunga fasilitas upacara di wilayah Bali hingga tanamlah bunga gumitir menjelang hari raya besar( saraswati, galungan, kuningan, Tumpek dll) yakinkan kamu panen gumitir 3 hari saat sebelum hari raya( usia panen bunga gumitir rata- rata 55 hst( dari bibit).

  3. Perbandingan harga bunga gumitir di tingkatan petani cenderung besar, sebab bunga gumitir tercantum volumetrik. membutuhkan tempat yang banyak serta cuma bisa bawa jumlah berat yang sedikit. bila harga bunga norma di kisaran 5 ribu di petani hingga di pasaran bunga gumitir hendak berharga 10- 11 ribu. Hebohnya terjalin dikala bunga gumitir sangat jarang, dikala harga di petani menggapai 30 ribu hingga harga di tingkatan orang dagang serta di pasar menggapai 40- 50 ribu. Sebab alibi hukum permintaan serta penawaran. Bila stok bunga gumitir sangat jarang hingga peluang orang dagang mengangkut harga. Hingga anjuran penulis dikala bunga sangat jarang bisa mengambil kesempatan denga menjual langsung ke orang dagang ataupun ke pasar. Sebab dikala bunga sangat jarang di situ harga bisa dinaikan secara optimal jadi margin keuntunmgan bisa menggapai 100%.


Hawa Serta CUACA Buat Tumbuhan GUMITIR

1. Tumbuhan gumitir membutuhkan tanah yang mempunyai keahlian mengikat air yang banyak jadi tanah lempung dengan liat hendak lebih baik dari tanah berpasir.

2. Temperatur yang dikehendaki oleh tumbuhan gumitir relatif rendah dengan posisi yang sesuai di wilayah pegunungan. Tetapi tidak menutup mungkin dicoba di wilayah rendah dengan sedtikit modifikasi. Pada wilayah ketinggian 800 dpl hingga 1100 dpl hingga area cenderung ber air serta basah, sehingga bunga gumitir memperoleh air yang lebih banyak serta tumbuhan bisa tumbuh dengan lebih baik apalagi bunga yang mekar hendak lebih besar.

PEMUPUKAN Tumbuhan GUMITIR

3. Dari riset simpel yang sempat aku jalani aku menemukan kesimpulan kalau tumbuhan gumitir tercantum tumbuhan yang tidak boros hendak pupuk. riset yang aku jalani apalagi tumbuhan gumitir masih bisa berkembang wajar cuma dengan pupuk kompos cair berbahan azolla. Bila kamu belum percaya cuma memakai pupuk organik kamu bisa mengkombinasikanya antara pupuk kimia serta pupuk organik. Tumbuhan gumitir bisa dikocor dengan pupuk kimia NPK( 160 liter diberi 1 kilogram pupuk NPK serta tambahkan kompos cair sebanyak 10 liter). bila tumbuhan masih kecil 7- 14 hst bisa dikocor dengan 120 cc per tumbuhan sehabis tumbuhan berusia 15- 55- panen dikocor dengan dosis 240 cc per tumbuhan. Dalam pemupukan hendaknya pakai pupuk dengan aplikasi kocor, sebab sekaligus memupuk sekalian menyiram.

PENGENDALIAN HAMA Serta PENYAKIT

1. Hama sangat utama pada tumbuhan gumitir merupakan( ulat tanah, keong, molusca serta anjing tanah) hama kelompok ini sangat beresiko pada dikala tanam bibit sebab bibit yang masih muda langsung dipotong sehingga bibit langsung terputus serta mati. Serbuan hama tipe ini bisa terjalin sejauh malam serta dipagi telah memutus seluruh bibit dalam waktu 1 malam. Buat menanggulangi serbuan hama ini merupakan kita wajib tidur sampai larut malam semalaman, letakkan bestisida berbentuk bekatul yang sudah dicampurkan muluscasida serta insektisida( Lanet, Drusban dll). Pemberian pestisida ini hendaknya diberikan pada dikala malam hari serta wajib dicoba ronda sejauh malam sebab hama ini hendak keluar dikala malam hari serta pestisida hendak efisien dalam pengandalianya.

2. Hama kedua yang tidak kalah berbahayanya merupakan tipe kutu putih. Serbuan hama ini menyebabkan kehancuran pada bakal bunga serta kesimpulannya mengganggu bunga gumitir. Kutu tipe ini melanda kelopak bakal bunga. Hama ini kemudian masuk serta menghirup cairan pada kelopak yang menimbulkan kelopak bunga berkerut. Sehabis terjalin pengkerutan kelopak dari bakal bunga hingga hingga bunga mekar bungta hendak berkembang cacat serta tidak laku di pasaran.

Pemecahan buat menanggulangi serbuan hama ini merupakan dengan penyemprotan pestisida( drusban, Curacron dll) serta dicoba di sore hari menjelang malam, Sebab kutu ini aktif di malam hari. Bila telah disadari ada serbuan dikala masih bakal bunga hingga hendaknya bunga dipotong serta dipangkas sebab bila dibiarkan tumbuh hendak cacat serta tidak laku dipasaran apalagi hendak menghabiskan tenaga serta nutrisi dari tumbuhan induk. Bila telah dipangkas hingga tunas yang baru hendak tumbuh dengan kilat serta lekas mengambil alih bungan yang terkena penyakit pada generasi dini.

3. Penyakit utama pada tumbuhan gumitir merupakan jamur( Phytophthora infestans). Dimana jamur hendak menginfeksi daun gumitir yang cenderung kecil serta tipis. akibat serbuan jamur ini daun jadi gelap serta kesimpulannya kering. sehabis tumbuhan kering hingga tumbuhan gumitir hendak mati. Buat menanggulangi serbuan jamur ini. jalani penyemprotan pestisida baik organik( air tembakau, Air bawang) maupun kimia( Dithane, Score, Explore dll) merk tidak jadi sesuatu keharusan. Tetapi yang jadi kunci dari pengendalian jamur pada tumbuhan gumitir ini merupakan yakinkan lekas melaksanakan penyemprotan dikala terjalin embun ataupun gerimis. Sebab gerimis serta kabut memacu serbuan jamur apalagi dibanding dengan dikala hujan rimbun. Panduan lain merupakan jalani pengendalian jamur ini dikala dini hari hingga pagi hari sebab jamur sangat aktif dikala waktu tersebut.

4. Dikala telah dicoba panen jalani penyemprotan fungisida sebab dikala habis panen banyak terjalin pelukaan tumbuhan dikala panen, sehingga sangat rentan dengan serbuan jamur. Apalagi dari pengalaman sehabis panen dimana bunga gumitir bisa dipanen sampai 15 kali( bila wajar) sangat tidak sering terjalin serbuan hama. Serbuan hama cuma terjalin di dini tumbuhan berbunga( bunga awal). Bila bunga awal telah nyaman ataupun kutunya telah bisa terkontrol hingga tumbuhan pada fase selanjutnya hendak nyaman.

PENGENDALIAN GULMA Tumbuhan GUMITIR

1. Pada budidaya tumbuhan gumitir pemasangan mulsa jadi harus. Sebab sempat aku melaksanakan riset menanam gumitir tanpa mulsa. Bayaran besar terletak pada mengatur gulma, sebab tumbuhan gumitir hendak jadi kekurangan faktor hara bila berebut faktor hara dengan gulma.

2. Keunggulan lain pemasangan mulsa merupakan mulsa tersebut bisa digunakan sampai 5 kali bergantung dari mutu mulsa. Dikala dicoba penanaman kembali lobang tanam yang lama bisa digunakan lagi tinggal ditambahkan pupuk organik padat sehabis itu lobang tanam bisa digunakan kembali. Dari pengalaman penulis pada penanaman yang selanjutnya tidak berbeda jauh. Sebab watak tumbuhan gumitir cenderung hemat pupuk sehingga pupuk dibutuhkan tidak dalam jumlah yang banyak.

PANEN Tumbuhan GUMITIR

1. Bunga gumitir yang berkembang wajar bisa dipanen sampai 15 kali( 2kg per tumbuhan).

2. Bunga gumitir terus menjadi teratur dipanen hingga tumbuhan hendak bisa berkembang lebih lama. Sebaliknya bila bunga ditahan lama pada tumbuhan hingga tumbuhan hendak berat serta menghabiskan tenaga yang banyak buat menahan bunga yang telah mekar tersebut. Dimana bunga yang telah mekar memerlukan tenaga yang lebih besar dari pada vase vegetatif( tunas).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel