--> body { font-display: swap !important; }

SEKILAS TENTANG JERUK MANIS BERASTAGI

SEKILAS TENTANG JERUK MANIS BERASTAGI

Sesungguhnya jeruk manis brastagi ialah tipe jeruk WNO( washington navel orange). Sebab banyak ditanam di Brastagi, Sumatera Utara, kesimpulannya warga setempat menyebutnya dengan jeruk manis brastagi. Buahnya berupa bundar dengan permukaan agak halus. Ujung buah bulat serta berpusar. Kulit buah bercorak kuning mengilat serta susah dikupas apabila matang. Ketebalan kulit buah dekat 3, 9 milimeter. Daging buah bertekstur lunak, memiliki banyak air, serta bercorak kekuningan. Rasa daging buahnya sangat manis serta baunya harum. Biasanya jeruk manis brastagi tidak berbiji. Dimensi jeruk ini terkategori besar, beratnya antara 250- 350 gram per buah. Tumbuhan jeruk ini berbentuk tumbuhan dengan besar antara 3- 10 meter. Tajuk tanamannya bundar dengan kerimbunan lagi. Batangnya memiliki jarum yang kokoh. Percabangannya tegak, namun tidak setegak jeruk keprok. Cabang muda biasanya pipih bersudut, rupanya hijau tua agak mengilat, serta halus tanpa bulu. Tetapi, setelah tua cabang ini berganti wujud jadi agak bundar ataupun silindris. Umumnya pada kulit batang ada retak- retak halus serta terkadang mempunyai jarum panjang. Duri- duri ini biasanya bercorak hijau tua serta terletak di sudut ketiak daun. Daun jeruk manis berupa elips ataupun bundar telur dengan panjang antara 5- 15 centimeter serta lebar 2- 8 centimeter. Ujung daun meruncing ataupun tumpul serta biasanya sedikit berlekuk ke dalam. Tepi daun bergerigi halus. Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, bercorak hijau tua mengilat, serta bersernburat titik- titik kuning muda. Permukaan daun bagian dasar tidak berbulu, bercorak hijau muda hingga hijau kekuningan, serta bersemburat titik- titik hijau tua. Tangkai daun pendek serta berupa separuh bundar dengan corak hijau muda pada bagian dasar serta hijau tua pada bagian atas. Daun jeruk ini mempunyai sayap berupa bundar telur terbalik memanjang dengan dimensi panjang 0, 5- 3, 5 centimeter serta lebar 0, 2- 1, 5 centimeter.

Manfaat

Jeruk manis di Asia Tenggara biasanya dimakan dalam kondisi fresh, namun di Brazil serta Florida 90% dari penciptaan diolah jadi sari buah; kedua tempat itu ialah produsen terbanyak. Daging buah serta molasisnya digunakan bagaikan pakan ternak; pektin serta minyak atsiri terbuat dari kulit buahnya.

Ketentuan Tumbuh

Jeruk bisa berkembang di sembarang tempat. Tetapi, tumbuhan ini hendak membagikan hasil optimum apabila ditanam di posisi yang cocok. Ketinggian tempat yang cocok buat tumbuhan ini ialah dataran rendah hingga 700 meter di atas permukaan laut. Sebaliknya yang ditanam di atas ketinggian tersebut rasa buahnya lebih asam. Temperatur optimum yang diperlukan buat pertumbuhannya berkisar antara 25- 30° C. Sebaliknya cahaya matahari wajib penuh supaya produksinya optimum. Tanah yang disukai tumbuhan jeruk yakni tipe tanah gembur, porous, serta produktif. Kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1, 5 meter pada masa kemarau serta tidak boleh kurang dari 0, 5 meter pada masa hujan. Tanah tidak boleh tergenang air sebab pangkal hendak gampang terkena penyakit. Tanah yang baik buat tumbuhan jeruk wajib ber- pH 5- 6. Curah hujannya yang sesuai berkisar antara 1. 000- 1. 200 milimeter per tahun dengan kelembapan hawa 50- 85%.

Pedoman Budidaya

Penyambungan ialah metode perbanyakan yang disenangi. Kerapatan tanam bermacam- macam dari 200- 400 tumbuhan/ ha, misalnya jarak tanam 5 meter x 6 meter( 333 tumbuhan/ ha). Lubang tanam yang berdimensi 30 centimeter x 30 centimeter x 30 centimeter terbuat bila drainasenya mencukupi; bila tidak demikian, hingga jarak tanam 40- 50 centimeter lebih baik. Susunan atas tanah ditaruh terpisah serta setelah itu dipulangkan ke bagian atas. Satu kg fosfat batu karang dimasukkan ke dasar lubang tanam itu. Tumbuhan jeruk ini ditanam dl atas guludan tanah yang dinaikkan setinggi 10 centimeter. Sehabis tanah dirapikan, tumbuhan yang ditanam wajib senantiasa terletak lebih atas daripada permukaan tanah, artinya buat kurangi resiko serbuan penyakit busuk pangkal.

Pemeliharaan

Penyiraman dibutuhkan sepanjang periode kering sehabis penanaman; tiap tumbuhan sebaiknya masingmasing mendapatkan 10 liter air per minggu. Di wilayah yang basah dibutuhkan terdapatnya tumbuhan penutup tanah, guna melindungi tanah dari erosi. Keperluan pupuk bisa dihitung dari analisis tanah serta daun. Petani jeruk sebaiknya belajar buat memahami defisiensi, yang sangat kerap terjalin merupakan defisiensi zink serta magnesium. Defisiensi zink bisa diketahui dari terdapatnya wilayah yang mengering dl antara tulang daun muda yang kecil. Penyemprotan dengan zink sulfat( 5 kilogram plus 1, 7 kilogram kapur cair dalam 100 1 air buat penyemprotan volume rendah buat 200 tumbuhan) sanggup melenyapkan belang- belang dengan lekas, namun wajib diulangi 2 kali setahun buat melindungi supaya tidak terjalin lagi. Defisiensi magnesium menimbulkan corak perunggu: daun( tercantum pula tulang- tulangnya) berganti jadi kuning mulai dari atas ke dasar, kemudian rontok. Dalam permasalahan yang gawat, cuma satu- dua daun yang terletak di ujung cabang yang tertinggal. Batu kapur dolomit serta/ ataupun magnesium sulfat bisa mengobati defisiensi ini, namun memakan waktu 1 ataupun 2 tahun saat sebelum seluruh indikasi lenyap. Nitrogen tidak dibutuhkan di dalam pupuk bila ditanam kudzu bagaikan satu tumbuhan penutup tanah yang balk. Sedikit fosfat, kira- kira 50 kilogram/ ha tiap 3 tahun sekali dibutuhkan, kalium sebaiknya diberikan, kecuali bila tanah itu kaya hendak faktor ini. Bila masa kemarau lebih dari 3 bulan, pengairan dibutuhkan( 100 milimeter air tiap 3 minggu).

Hama serta Penyakit

kultivar ini lumayan resisten terhadap penyakit busuk akar

Panen serta Pasca Panen

Jeruk manis matang 6- 9 bulan sehabis bunga timbul. Jeruk manis ini terletak dalam keadaan terbaik pada dikala dipetik; sebab jeruk ini tidak memiliki kanji, tidak terdapat pasca- matang semacam pada apel serta pisang. Kematangan buah bisa dikira- kira dari perbandingan antara TSS( jumlah padatan terlarut) yang dihitung dalam derajat Brix( B) serta persentase asam sitrat( A). Di daerah subtropik nisbah B/ A= 8, biasanya digunakan bagaikan standar minimum, namun buat wilayah tropik angka 10- 16 sangat bisa jadi ialah standar yang lebih balk. Pada nisbah B/ A di atas 20, buah jeruk ini jadi sangat manis buat sebagian besar konsumen. Buah jeruk manis tidak boleh dipetik dengan metode ditarik ke dasar, namun sebaiknya dengan gerakan bunda jari memutar ke atas( memelintir). Satu orang sanggup memetik buah hingga 1500 kilogram per hari. Dibutuhkan tangga yang balk, kantung pemetik, serta perlengkapan lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel